service kulkas,frezzer gandrung mangu,citinggil,kawunganten,cilacap jawa tengah.

BUANA SEJUK

(Refrigration Expert,Eletronic,Electrical,Mechanical,HVACR Enginerring 
Service Repaire and Mantenance,Suplay pasang baru dan second, 
TEL/WHATSAPP: 0813-1510-4437 / 0813-1668-9761
Email:buana.ac1@gmail.com
WORKSHOP:bantar sari RT 07/07 gandrung mangu cilacap
OFFICE:jl.mertameja no 31 rt01/02 kedungreja cilacap



Apakah Anda mengalami masalah dengan mesin pendingin Anda?  Serahkan kepada kami, Kami telah berpengalaman puluhan tahun dalam bidang jasa Service AC ,Freezer,kulkas,chlller under   counter,cold room /coldstorage,blast freezer,water chiller, air cooled   chiller-watercooled chiller, untuk service mantenance,repaire atupun   pemasangan baru dan second,kami menawarkan harga yang murah &  kompetitif, dikerjakan dengan profesional & Cepat. Kami siap datang ke rumah anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa perbaikan silahkan hubungi kami .di ling sebelah kanan tel/ whatsapp
dibawah ini kami akan memberikan sedikit pengertian sebagian mesin pendingin yg sering digunakan di rumah /kantor /home industri dan tempat usaha anda .untuk layanan jasa yg kami berikan adalah 
buana sejuk layanan service,repaire pasang baru dan second/coustom unit 

SEKILAS TENTANG ALAT PENDINGIN

Refrigerator secara umum disebut Alat Pendingin, yaitu alat yang berfungsi mengambil panas/kalor dari suatu ruang (mendinginkan) kemudian memindahkan dan membuang panas/kalor tersebut ke ruang lain secara terus menerus sesuai kebutuhan. Sebagai media pemindah panas/kalor tersebut diperlukan bahan pendingin (Refrigerant).

Bentuk dan ukuran dari Refrigerator sangat bermacam-macam, contohnya kulkas/freezer, cold strorage, Display Case, Air Conditioner (AC), Chiller dsb.

Prinsip terjadinya suatu pendinginan adalah ketika Refrigerator beroperasi, Refrigerant didalam Evaporator (penyerap panas) menguap, untuk sebuah penguapan memerlukan kalor, maka kalor diruangan yang dipasang Evaporator akan diambil. Pada saat ini suhu permukaan pipa Evaporator menjadi dingin. Kemudian Kompresor menghisap Refrigerant tadi dalam bentuk uap bersuhu dingin dan dikeluarkan kembali (disemprotkan) ke Kondensor (pembuang panas) dengan tekanan sangat tinggi dan bersuhu panas. Didalam Kondensor Refrigerant diembunkan. Pada saat pengembunan ini kalor dibuang oleh Refrigerant, akibatnya permukaan pipa Kondensor menjadi panas, serta merta panas tersebut dibuang ke ruang yang dipasang Kondensor tadi. Setelah panas terbuang, Refrigerant tersebut mengembun dan jadi cairan. Diantara Kondensor dan Evaporator terhubung alat Expansi (Pemampat). Alat ini mempunyai lubang sangat kecil bisa berbentuk pipa kapiler (untuk kapasitas kecil) ataupun Katub/ Kran Expansi otomatis ataupun manual (untuk kapasitas yang lebih besar). Cairan Refrigerant tadi kemudian mengalir melalui lubang kecil (Expansi) akibatnya cairan tersebut menguap karena tekanan tinggi dan masuk ke Evaporator dan begitu seterusnya proses tadi berulang selama Kompresor bekerja


Dan disini kita akan bahas mengenai freezer. apa sih itu freezer? 

nah dibawah kita akan menerangkan sedikit tetntang freezer dan jenisnya ,


Freezer merupakan alat pendingin bersuhu di bawah 0°C yang dapat membekukan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Berbeda dengan kulkas (chiller) yang memiliki suhu di atas 0°C, freezer biasanya digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena pada suhu -18°C, bakteri yang ada pada makanan akan tidur, sehingga tidak akan menyebabkan pembusukan pada makanan.


Berdasarkan laju pembekuannya, freezer dapat dibagi menjadi:2
1.Slow freezer yang terdiri dari cold storage, chest freezer, curve glass freezer, dll. Laju pergerakan es pada freezer ini yaitu 0.2 cm/h. Dengan suhu 0°C hingga -25°C, freezer ini termasuk cukup lama dalam membekukan, permasalahan yang sering terjadi pada freezer jenis ini yaitu pembentukan bunga es yang terlalu cepat sehingga dapat mengurangi efisiensi freezer.
  1. 2.Quick freezer seperti contohnya air blast freezer memiliki laju pembekuan lebih cepat dibanding chest freezer yaitu sebesar 0.5 – 3 cm/h. Air blast freezer memiliki suhu 0°C hingga -40°C. Mampu mendinginkan tiga kali lebih cepat dibandingkan slow freezer.
Chest freezer



Chest freezer merupakan alat pendingin bersuhu rendah digunakan untuk menyimpan dan membekukan berbagai macam bahan makanan (daging segar, frozen food, sayur). Freezer ini biasanya digunakan untuk keperluan toko, restoran, café, hotel, maupun rumah.
Masuk dalam kategori slow freezer dan dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau, chest freezer tidak cocok untuk mengawetkan makanan untuk jangka panjang karena proses pendinginannya yang cukup lama, yaitu 3 hingga 72 jam.

Curve glass freezer
Mirip dengan chest freezer yaitu bekerja dengan suhu 0°C hingga -25°C, curve glass freezer memiliki sliding glass door sehingga cocok digunakan untuk menyimpan dan mendisplay berbagai produk seperti ice cream, frozen food (nugget, daging beku, sosis, seafood, dll).
Curve glass freezer biasanya juga dilengkapi kunci, dan dapat ditambahkan sticker sebagai media iklan.


Air blast freezer

Termasuk dalam kategori quick freezer, air blast freezer banyak digunakan pada industri bahan makanan seperti contohnya produk perikanan. Proses pendinginan yang cepat akan menghambat proses deteriorasi oleh mikroba, sehingga kualitas dan kesegaran produk akan terjaga dengan baik.
Berbeda dengan slow freezer, air blast freezer dapat mencapai suhu -40°C. Saat ingin digunakan, bahan makanan dapat dipindahkan ke freezer atau chiller dengan suhu yang lebih rendah semalaman.
Ingin tahu lebih banyak tentang mesin pendingin? ikuti terus dan folow web buana sejuk.
1.SERVICE /REPAIRE/PERBAIKAN FREEZER


Rusaknya unit freezer di rumah umumnya termasuk dalam kategori permasalahan paling tidak menyenangkan bagi para pemilik hunian. Peran kulkas bisa dibilang krusial mengingat fungsinya sebagai wadah penyimpanan dan pembuatan es batu sekaligus mendinginkan makanan khususnya minuman yang kita butuhkan sehari-harinya.

Baik itu pada bagian lemari penyimpanan atau freezer, sumber permasalahan freezer pada umumnya yang sering terjadi .

kali ini kita akan kupas bagian-bagian dari kulkas/lemari es /lemari mesin pendingin dan kerusakan yg umumnya sering terjadi: 

Secara umum, ada 9 bagian dan komponen utama dalam kulkas yang memiliki fungsi utama masing-masing.

berikut ini adalah bagian-bagian dari lemari es/kuklas dan cara kerjanya:

1.Compresor 
Kompresor merupakan unit tenaga dalam sistem mesin pendingin. Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas. Kompresor akan memompa gas refrigerant dibawah tekanan dan panas yang tinggi pada sisi tekanan tinggi dari sistem dan menghisap gas bertekanan rendah pada sisi intake (sisi tekanan rendah).Ada 3 kerja yang dilakukan oleh kompresor yaitu :Fungsi penghisap : proses ini membuat cairan refrigerant dari evaporator dikondensasi dalam temperatur yang rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan.Fungsi penekanan : proses ini membuat gas refrigerant dapat ditekan sehingga membuat temperatur dan tekanannya tinggi lalu disalurkan ke kondensor, dan dikabutkan pada temperatur yang tinggi.Fungsi pemompaan: proses ini dapat dioperasikan secara kontinyu dengan mensirkulasikan refrigerant berdasarkan hisapan dan kompresi.jika compresor pada unit mesin pendingin tidak bekerja tentu saja hal ini akan mengakibatkan unit kulkas tersebut tidak dingin .masalah pada compresor tidak bekerja banyak faktornya diantaranya sebagi berikut compresor over heat/over lood ,piston compresor /mekanik macet,gulungan dinamo pada compresor putus /short bodi,presure compresor hilang /  klep compresor patah ,dan masih banyak lainnya,faktor kerusakan yang sering terjadi sesuai pengalaman di lapangan  terjadi karna ,aliran listrik yg tidak setabil/volt tegangan rendah /tinggi dibawah setandart toleran pada namplate compresor tersebut,sering terjadi pemadaman listrik dan posisi freezer masih dalam keadaan on,overlood beban/barang tidak sesuai dengan kapasitas serta pemakaian yg tidak benar sering buaka tutup pintu sehingga mesin sellu bekerja dengan maksimal,kwalitas barang yg kurang bagus,dan tentunya masih banyak faktor2 lainnya yg mengakibatkan compresor tersebut tidak bekerja.untuk penanganan kerusakan tersebut bisa dilakukan service repire /overhool dan rewinding ,dan penggantian compresor jika memang kerusakan sudah fatal. 

2.Condensor 
Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. atau juga bisa disebut alat untuk membuat kondensasi bahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk penempatanya sendiri, kondensor ditempatkan diluar ruangan yang sedang didinginkan, agar dapat membuang panasnya keluar. Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Refrigerant yang yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penekanan sehingga mengalir ke pipa kondensor, kemudian mengalami pengembunan. Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan menjadi zat cair akan mengalir menuju pipa evaporator.dan apa bila condensor tersebut mengalami kebocoran dan kebuntuan tentunya mengakibatkan unit tersebut tidak dingin,kerusakan yang sering terjadi pada condensor kulkas  sebagian besar bocor dan kebuntuan.bocor disebabkan korosif atu terkena benda tajam dan sbgainya, dan buntu/mampat bisa disebabkan oleh kotoran /oli yg tercontaminasi dengan air didalam sistem refrigran juga bisa menyebabkan kebuntuan .untuk penanganan kerusakan tersebut bisa dilakukan dengan cara pengelasan kebocoran /penggantian part ,flushing sistem dengan menggunakan cairan pembersih.

3.Evaporator
Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator lalu berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami penguapan. Selanjutnya udara tersebut mampu menyerap kondisi yang ada dalam ruangan mesin pendingin. Selanjutnya gas yang ada dalam evaporator akan mengalir menuju kompresor karena terkena tenaga hisapan.jiha evaporator pada mesin pendingin tersebut mengalami kebocoran /kebuntuan tentunya akan mengakibatkan unit tersebut tidak dingin,untuk penanganan kerusakan tersebut bisa dilakaykan pengelasan /penggantian evap dan flushing system menggunakan cairan pembersih. 
4.reciever drier
Receiver drier merupakan tabung penyimpan refrigerant cair, dan ia juga berisikan fiber dan desiccant (bahan pengering) untuk menyaring benda-benda asing dan uap air dari sirkulasi refrigerant. Filter / Reciever drier mempunyai 3 fungsi ,yaitu menyimpan refrigerant, menyaring benda-benda asing dan uap air dengan desiccant dan filter agar tidak bersirkulasi pada sistem mesin pendingin, dan memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigrant sebelum dimasukkan ke katup ekspans Receiver drier menerima cairan refrigerant bertekanan tinggi dari kondensor dan disalurkan ke katup ekspansi (katup ekspansi). Receiver drier terdiri dari main body filter, desiccant, pipe, dan side glass. Cairan refrigerant dialirkan ke dalam pipa untuk disalurkan ke katup ekspansi melalui outlet pipe yang ditempatkan pada bagian bawah main body setelah tersaringnya uap air dan benda asing oleh filter dan desiccant.

5.tempratur controler/termostat
Jika suhu pengabutan refrigrant menurun dibawah 0°C maka akan terbentuk pembekuan (frost) pada fan evaporator dan hal ini menyebabkan menurunya aliran udara serta kapasitas pendinginan menurun.. Untuk mencegah seperti pembekuan / frosting ini, dan agar temperatur ruang dalam kendaraan dapat disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan, maka thermostats dipasangkan. Alat berupa saklar ini terpasang

pada evaporator case dengan pipa kapilernya terpasang dan terbungkus rapat pada pipa saluran masuk evaporator. Thermostat dihubungkan ke magnetic clutch pada kompresor secara seri. Thermostat akan melepaskan magnetic clutch ketika temperatur permukaan evaporator fan ada dibawah sekitar 1 C dan akan menghubungkan magnetic clutch dengan kompresor ketika suhunya telah mencapai > 4 C.


6.Hieter/pemanas
Untuk menghancurkan salju yang ada dalam mesin pendingin kulkas. Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas ( heater ). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evaporator. selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es 

7.Fan motor
Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin. Pada mesin pendingin kulkas ada dua jenis fan:
Fan motor evaporator >Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak ( rak es , sayur ,dan buah ).
Fan motor kondensor >Kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil yang berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi mendinginkan kompresor. 

8. Overload Motor Protector

Overload Motor Protector adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal. 



9.Refrigrant/freon
Refrigerant / umumnya juga disebut freeon adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin refrigrant pun  sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.diantaranya yg sangat banyak dipakai di indonesia antara lain1.r22,r410a,r404a,r407c,r134a,r600a,r32,dll
dan bahkan perusahaan bumn pun yg diwakili pertamina persero telah mengeluarkan bahan yg ramah lingkungan seperti
MUSICOOL HYDROKARBON REFRIGRANT RAMAH LINGKUNGAN
,
Refrigerant sintetik yang mengandung Chlorofluorocarbon (CFC) untuk mesin pendingin seperti lemari pendingin (kulkas) maupun Air Conditioner (AC)  banyak digunakan para pelaku industri. Padahal seperti diketahui, penggunaannya dalam jangka panjang membawa dampak buruk bagi bumi dan manusia karena menipisnya lapisan ozon.

demikian sekilas tentang mesin refrigrasi untuk kulkas dan mesin lainnya ,semoga sedikit bermanfaat,salam dingin buana sejuk
buana sejuk layanan service freezer untuk daerah cilacap jawa tengah dan sekitarnya.
1.penggantian separepart kulkas 1 pintu/ 2 pintu/freezer
2.pengisian freon kulkas 1 pintu / 2 pintu/freezer
3.penggantian freon ramah lingkunagan
4.service repaire kulkas 1 pintu/ 2 pintu/freezer
5.tukar tambah kulkas 1 pintu/ 2 pintu /freezer baru atupun second
6.penggantian evaporator / rool baru evaporator 
7.coustom kulkas /freezer dll
untuk layann service silahkan hubungi admin di nomer y tertera diatas / pun di link sebelah kanan tell / whatsapp. 

Area layann service freezer rak,freezerbox,dll

1. sevice repaire freezer Kecamatan Cilacap Selatan
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Cilacap Selatan di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilacap
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidakaya
–Service freezer Kelurahan/Desa Tambakreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Tegalkamulyan
–Service freezer Kelurahan/Desa Tegalreja

2. service reapire freezer Kecamatan Cilacap Tengah
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Cilacap Tengah di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
– Service freezer Kelurahan/Desa Lomanis
– Service freezer Kelurahan/Desa Donan
– Service freezer Kelurahan/Desa Sidanegara
– Service freezer Kelurahan/Desa Gunungsimping
– Service freezer Kelurahan/Desa Kutawaru
 
3. service repaire freezer Kecamatan Cilacap Utara
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Cilacap Utara di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
– Service freezer Kelurahan/Desa Gumilir
– Service freezer Kelurahan/Desa Mertasinga
– Service freezer Kelurahan/Desa Tritih Kulon
– Service freezer Kelurahan/Desa Karangtalun
– Service freezer Kelurahan/Desa Kebonmanis
 
4. service repaire freezer Kecamatan Cimanggu
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Cimanggu di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bantarmangu
–Service freezer Kelurahan/Desa Bantarpanjang
–Service freezer Kelurahan/Desa Cibalung
–Service freezer Kelurahan/Desa Cijati
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilempuyang
–Service freezer Kelurahan/Desa Cimanggu
–Service freezer Kelurahan/Desa Cisalak
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Kutabima
–Service freezer Kelurahan/Desa Mandala
–Service freezer Kelurahan/Desa Negarajati
–Service freezer Kelurahan/Desa Panimbang
–Service freezer Kelurahan/Desa Pesahangan
–Service freezer Kelurahan/Desa Rejodadi
 
5. service reapire freezer Kecamatan Cipari
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Cipari di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Caruy
–Service freezer Kelurahan/Desa Cipari
–Service freezer Kelurahan/Desa Cisuru
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Kutasari
–Service freezer Kelurahan/Desa Mekarsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Mulyadadi
–Service freezer Kelurahan/Desa Pegadingan
– Service freezer Kelurahan/Desa Segaralangu
–Service freezer Kelurahan/Desa Serang
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidasari
 
6. service repaire freezer Kecamatan Dayeuhluhur
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Dayeuhluhur di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bingkeng
–Service freezer Kelurahan/Desa Bolang
–Service freezer Kelurahan/Desa Cijeruk
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilumping
–Service freezer Kelurahan/Desa Ciwalen
–Service freezer Kelurahan/Desa Datar
–Service freezer Kelurahan/Desa Dayeuhluhur
–Service freezer Kelurahan/Desa Hanum
– Service freezer Kelurahan/Desa Kutaagung
–Service freezer Kelurahan/Desa Matenggeng
–Service freezer Kelurahan/Desa Panulisan
–Service freezer Kelurahan/Desa Panulisan Barat
–Service freezer Kelurahan/Desa Panulisan Timur
–Service freezer Kelurahan/Desa Sumpinghayu
 
7. service repaire freezer Kecamatan Gandrungmangu
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Gandrungmangu di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bulusari
–Service freezer Kelurahan/Desa Cinangsi
–Service freezer Kelurahan/Desa Cisumur
–Service freezer Kelurahan/Desa Gandrungmangu
–Service freezer Kelurahan/Desa Gandrungmanis
–Service freezer Kelurahan/Desa Gintungreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Karanganyar
–Service freezer Kelurahan/Desa Karanggintung
–Service freezer Kelurahan/Desa Kertajaya
–Service freezer Kelurahan/Desa Layansari
–Service freezer Kelurahan/Desa Muktisari
–Service freezer Kelurahan/Desa Rungkang
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidaurip
–Service freezer Kelurahan/Desa Wringinharjo
 
8. service repire freezer Kecamatan Jeruklegi
Daftar service  Desa/Kelurahan di Kecamatan Jeruklegi di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Brebeg
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilibang
–Service freezer Kelurahan/Desa Citepus
–Service freezer Kelurahan/Desa Jambusari
–Service freezer Kelurahan/Desa Jeruklegi Kulon
–Service freezer Kelurahan/Desa Jeruklegi Wetan
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangkemiri
–Service freezer Kelurahan/Desa Mendala
–Service freezer Kelurahan/Desa Prapagan
–Service freezer Kelurahan/Desa Sawangan
–Service freezer Kelurahan/Desa Sumingkir
–Service freezerKelurahan/Desa Tritih Lor
–Service freezerKelurahan/Desa Tritih Wetan
9. service repaire  freezer Kecamatan Kampung Laut
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Kampung Laut di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) : 
–Service freezer Kelurahan/Desa Klaces
–Service freezer Kelurahan/Desa Panikel
–Service freezer Kelurahan/Desa Ujungalang
–Service freezer Kelurahan/Desa Ujunggagak
10. service repaire freezer Kecamatan Karangpucung
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Karangpucung di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Babakan
–Service freezer Kelurahan/Desa Bengbulang
–Service freezer Kelurahan/Desa Cidadap
–Service freezer Kelurahan/Desa Ciporos
–Service freezer Kelurahan/Desa Ciruyung
–Service freezer Kelurahan/Desa Gunungtelu
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangpucung
–Service freezer Kelurahan/Desa Pamulihan
–Service freezer Kelurahan/Desa Pengawaren
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidamulya
–Service freezer Kelurahan/Desa Sindangbarang
–Service freezer Kelurahan/Desa Surusunda
–Service freezer Kelurahan/Desa Tayem
–Service freezer Kelurahan/Desa Tayemtimur
11. service repaire freezer Kecamatan Kawunganten
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Kawunganten di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Babakan
–Service freezer Kelurahan/Desa Bojong
–Service freezer Kelurahan/Desa Bringkeng
–Service freezer Kelurahan/Desa Grugu
–Service freezer Kelurahan/Desa Kalijeruk
–Service freezer Kelurahan/Desa Kawunganten
–Service freezer Kelurahan/Desa Kawunganten Lor
–Service freezer Kelurahan/Desa Kubangkangkung
–Service freezer Kelurahan/Desa Mentasan
–Service freezer Kelurahan/Desa Sarwadadi
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidaurip
–Service freezer Kelurahan/Desa Ujungmanik
 
12.service repaire Kecamatan Kedungreja
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Kedungreja di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bangunreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Bojongsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Bumireja
–Service freezer Kelurahan/Desa Ciklapa
–Service freezer Kelurahan/Desa Jatisari
–Service freezer Kelurahan/Desa Kaliwungu
–Service freezer Kelurahan/Desa Kedungreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Rejamulya
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidanegara
–Service freezer Kelurahan/Desa Tambakreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Tambaksari
 
13. service repaire freezer Kecamatan Kesugihan
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Kesugihan di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bulupayung
–Service freezer Kelurahan/Desa Ciwuni
–Service freezer Kelurahan/Desa Dondong
–Service freezer Kelurahan/Desa Jangrana
–Service freezer Kelurahan/Desa Kalisabuk
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangjengkol
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangkandri
–Service freezerKelurahan/Desa Keleng
–Service freezer Kelurahan/Desa Kesugihan
–Service freezer Kelurahan/Desa Kesugihan Kidul
–Service freezer Kelurahan/Desa Kuripan
–Service freezer Kelurahan/Desa Kuripan Kidul
–Service freezer Kelurahan/Desa Menganti
–Service freezer Kelurahan/Desa Pesanggrahan
–Service freezer Kelurahan/Desa Planjan
–Service freezer Kelurahan/Desa Slarang
 
14. service repaire freezer Kecamatan Kroya
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Kroya di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Ayamalas
–Service freezer Kelurahan/Desa Bajing
–Service freezer Kelurahan/Desa Bajing Kulon
–Service freezer Kelurahan/Desa Buntu
–Service freezer Kelurahan/Desa Gentasari
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangmangu
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangturi
–Service freezer Kelurahan/Desa Kedawung
–Service freezer Kelurahan/Desa Kroya
–Service freezer Kelurahan/Desa Mergawati
–Service freezer Kelurahan/Desa Mujur
–Service freezer Kelurahan/Desa Mujur Lor
–Service freezer Kelurahan/Desa Pekuncen
–Service freezer Kelurahan/Desa Pesanggrahan
–Service freezer Kelurahan/Desa Pucung Kidul
–Service freezer Kelurahan/Desa Pucung Lor
–Service freezer Kelurahan/Desa Sikampuh
 
15.service repaire freezer Kecamatan Majenang
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Majenang di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bener
–Service freezer Kelurahan/Desa Boja
–Service freezer Kelurahan/Desa Cibeunying
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilopadang
–Service freezer Kelurahan/Desa Jenang
–Service freezer Kelurahan/Desa Mulyadadi
–Service freezer Kelurahan/Desa Mulyasari
–Service freezer Kelurahan/Desa Padangjaya
–Service freezer Kelurahan/Desa Padangsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Pahonjean
–Service freezer Kelurahan/Desa Pengadegan
–Service freezer Kelurahan/Desa Sadabumi
–Service freezer Kelurahan/Desa Sadahayu
–Service freezer Kelurahan/Desa Salebu
–Service freezer Kelurahan/Desa Sepatnunggal
–Service freezer Kelurahan/Desa Sindangsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Ujungbarang
 
16. service repaire freezer Kecamatan Maos
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Maos di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Glempang
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangkemiri
–Service freezer Kelurahan/Desa Kalijaran
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangrena
–Service freezer Kelurahan/Desa Klapagada
–Service freezer Kelurahan/Desa Maos Kidul
–Service freezer Kelurahan/Desa Maos Lor
–Service freezer Kelurahan/Desa Mernek
–Service freezer Kelurahan/Desa Penisihan
 
17. service repaire freezer Kecamatan Nusawungu
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Nusawungu di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Banjareja
–Service freezer Kelurahan/Desa Banjarsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Banjarwaru
–Service freezer Kelurahan/Desa Danasri
–Service freezer Kelurahan/Desa Danasri Kidul
–Service freezer Kelurahan/Desa Danasri Lor
–Service freezer Kelurahan/Desa Jetis
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangpakis
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangputat
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangsembung
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangtawang
–Service freezer Kelurahan/Desa Kedungbenda
–Service freezer Kelurahan/Desa Klumprit
–Service freezer Kelurahan/Desa Nusawangkal
–Service freezer Kelurahan/Desa Nusawungu
–Service freezer Kelurahan/Desa Purwadadi
–Service freezer  Kelurahan/Desa Sikanco
 
18.service repaire freezer Kecamatan Patimuan
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Patimuan di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Bulupayung
–Service freezer Kelurahan/Desa Cimrutu
–Service freezer Kelurahan/Desa Cinyawang
–Service freezer Kelurahan/Desa Patimuan
–Service freezer Kelurahan/Desa Purwodadi
–Service freezer Kelurahan/Desa Rawaapu
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidamukti
19. service repaire freezer Kecamatan Sampang
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Sampang di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Brani
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangasem
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangjati
–Service freezer Kelurahan/Desa Karangtengah
–Service freezer Kelurahan/Desa Ketanggung
–Service freezer Kelurahan/Desa Nusajati
–Service freezer Kelurahan/Desa Paberasan
–Service freezer Kelurahan/Desa Paketingan
–Service freezer Kelurahan/Desa Sampang
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidasari
 
20.service repaire freezer Kecamatan Sidareja
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Sidareja di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Gunungreja
–Service freezer Kelurahan/Desa Karanggedang
–Service freezer Kelurahan/Desa Kunci
–Service freezer Kelurahan/Desa Margasari
–Service freezer Kelurahan/Desa Penyarang
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidamulya
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidareja
–Service freezer Kelurahan/Desa Sudagaran
–Service freezer Kelurahan/Desa Tegalsari
–Service freezer Kelurahan/Desa Tinggarjaya
 
21. service repaire freezer Kecamatan Wanareja
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Wanareja di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi
Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Cigintung
–Service freezer Kelurahan/Desa Limbangan
–Service freezer Kelurahan/Desa Adimulya
–Service freezer Kelurahan/Desa Bantar
–Service freezer Kelurahan/Desa Cilongkrang
–Service freezer Kelurahan/Desa Jambu
–Service freezer Kelurahan/Desa Madura
–Service freezer Kelurahan/Desa Madusari
–Service freezer Kelurahan/Desa Majingklak
–Service freezer Kelurahan/Desa Malabar
–Service freezer Kelurahan/Desa Palugon
–Service freezer Kelurahan/Desa Purwasari
–Service freezer Kelurahan/Desa Sidamulya
–Service freezer Kelurahan/Desa Tambaksari
–Service freezer Kelurahan/Desa Tarisi
–Service freezer Kelurahan/Desa Wanareja
 
22. Service repaire freezer Kecamatan Adipala
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Adipala di Kota/Kabupaten Cilacap,
Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
–Service freezer Kelurahan/Desa Adipala
–Service freezer Kelurahan/Desa Adiraja
– Service freezer Kelurahan/Desa Adireja Kulon
– Service freezer Kelurahan/Desa Adireja Wetan
– Service freezer Kelurahan/Desa Bunton
– Service freezer Kelurahan/Desa Doplang
– Service freezer Kelurahan/Desa Glempangpasir
– Service freezer Kelurahan/Desa Gombolharjo
– Service freezer Kelurahan/Desa Kalikudi
– Service freezer Kelurahan/Desa Karanganyar
– Service freezer Kelurahan/Desa Karangbenda
– Service freezer Kelurahan/Desa Karangsari
– Service freezer Kelurahan/Desa Pedasong
– Service freezer Kelurahan/Desa Penggalang
– Service freezer Kelurahan/Desa Welahan Wetan
– Service freezer Kelurahan/Desa Wlahar 

 23. Service repaire freezer Kecamatan Bantarsari
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Bantarsari di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
– Service freezer Kelurahan/Desa Bantarsari
– Service freezer Kelurahan/Desa Binangun
– Service freezer Kelurahan/Desa Bulaksari
– Service freezer Kelurahan/Desa Cikedondong
– Service freezer Kelurahan/Desa Citembong
– Service freezer Kelurahan/Desa Kamulyan
– Service freezer Kelurahan/Desa Kedungwadas
– Service freezer Kelurahan/Desa Rawajaya
 
24. Service repaire freezer Kecamatan Binangun
Daftar service freezer Desa/Kelurahan di Kecamatan Binangun di Kota/Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) :
– Service freezer Kelurahan/Desa Alangamba
– Service freezer Kelurahan/Desa Bangkal
– Service freezer Kelurahan/Desa Binangun
– Service freezer Kelurahan/Desa Jati
– Service freezer Kelurahan/Desa Jepara Kulon
– Service freezer Kelurahan/Desa Jepara Wetan
– Service freezer Kelurahan/Desa Karangnangka
– Service freezer Kelurahan/Desa Kemojing
– Service freezer Kelurahan/Desa Kepudang
– Service freezer Kelurahan/Desa Pagubugan
– Service freezer Kelurahan/Desa Pagubugan Kulon
– Service freezer Kelurahan/Desa Pasuruhan
– Service freezer Kelurahan/Desa Pesawahan
– Service freezer Kelurahan/Desa Sidaurip
– Service freezer Kelurahan/Desa Sidayu 
– Service freezer Kelurahan/Desa Widarapayung Kulon
– Service freezer Kelurahan/Desa Widarapayung Wetan 
SIKLUS REFRIGRASI 








Itulah sekilas penjelasan ilmiah mengenai komponen-komponen dalam lemari es serta cara kerjanya. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.








Comments

Post a Comment